Kegiatan rutin di Kampung Adat Kebangsaan Desa Pojok, Wates, Kediri, Jawa Timur adalah mocopat dan doa bersama hari lahir Bung Karno setiap Kamis Pon serta doa bersama memperingati meninggalnya Bung Karno setiap Sabtu Legi.

Ada juga tahlil mendoakan para pahlawan setiap malam Jum'at, karawitan budaya Jawa, belajar menari, gemelan dan menulis aksara Jawa serta sekolah (non formal) tentang kebangsaan yang diadakan setiap sore.

Di luar kegiatan rutin, belum lama ini Kampung Kebangsaan mengadakan doa bersama lintas agama guna memperkuat semangat kebangsaan dalam menghadapi pandemi covid-19.

Para pemuka agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu dan penganut kepercayaan, menggelar doa bersama untuk bangsa dan negara agar kuat menghadapi pandemi. Kegiatan ini diselenggarakan di Ndalem Pojok pada Kamis malam (23/4/2020).

Kushartono, pengurus harian situs cagar budaya Desa Pojok menjelaskan bahwa acara itu diadakan atas dasar kesadaran bersama pentingnya Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam situasi bencana.

Atas dasar Pancasila maka semangat bangsa Indonesia adalah gotong royong karena itu apapun keadaan dan situasi yang kita hadapi, gotong royong tidak boleh terkikis. Gotong royong adalah jiwa bangsa Indonesia yang sejati.

"Gotong royong sangat penting dalam menghadapi situasi pandemi corona seperti ini," tegas Kushartono yang juga Ketua Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Kabupaten Kediri.

Karena itu para tokoh merasa perlu bersilaturahmi menguatkan rasa persaudaraan dan mengadakan doa bersama lintas agama. Semua golongan harus bersatu dalam semangat Pancasila dan Bhinneka tunggal Ika. Bersama-sama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Indonesia segera selamat dari Corona.

Dalam prosesi doa bersama panitia tetap mematuhi peraturan pemerintah terkait PSBB. Tidak ada pengumpulan massa. Panitia hanya menghadirkan 5 tokoh pemuka agama dan para umat mengikuti secara online di rumah masing-masing melalui channel yang disediakan. Itulah inisiatif Kampung Adat Kebangsaan Desa Pojok di tengah pandemi yang tengah melanda dunia saat ini. (FRG)